Langsung ke konten utama

Fasilitas yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang



FASILITAS YANG ADA DI UMM



   Masjid AR. Fachruddin
dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3) pada tahun 1998. Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat peribadatan juga untuk perkuliahan dan perkantoran.
Lokasi masjid adalah di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.
Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.
Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum


Masjid A.R. Fachruddin.  Masjid  yang berlantai 5 ini memiliki multi – fungsi selain untuk kegiatan ibadah sholat.
a.          Lantai  5  digunakan untuk perkuliahan D2  Bahasa Arab “ Ma’had  Abd. Rahman bin Auf” ,dan Lab. Psikologi
b.          Lantai  3 dan 4   selain untuk  kegiatan sholat dengan kapasitas 5000 jama’ah  ada  12  ruang kelas  untuk   perkuliahan AIK  .
c.        Lantai 2  digunakan untuk : Badan Pemakmuran  Masjid  (PPM),  Pusat  Studi Ilmu Filsafat   (PSIF), Perpustakaan ,    Dosen  AIK  dan  Pelayanan  AIK & MKDU,  Seminar,  Lab.  Bahasa Arab,  Lab. Psikologi,   Unit Kegiatan Mahasiswa  Jamaah AR Fakhruddin, Ruang Kelas AIK  dan Tempat Wudhu Jamaah .
d.        Lantai  1 digunakan untuk  :  UPT Kesehatan/Poliklinik, Unit Koperasi Karyawan, Bank  BNI, Bank Jatim, UPT Bimbingan dan konseling, Lab. Sosiologi Industri, Lab. Kesejahteraan sosial, Markaz Dakwah, Lab. IP/ PSIK, Lab. HI,  Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum, Seminar dan  Ruang kuliah AIK  Multi Media.



     Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM dibangun di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa.
 SPBU UMM akan dilengkapi dengan cafeteria, resting area, mushola . Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar..  Melayani segala macam kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat umum.


     UMM Bookstore bertempat di Jl. Raya Tlogomas no.246 Malang. Luas Bangunan 2.500 m2. Terdiri dari 2 lantai, lantai I untuk display stationary, merchandise dan counter pelayanan. Lantai II khusus buku dan majalah.
Bookstore UMM diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2005. Sebagai salah satu unit bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam masa beroperasi Bookstore UMM telah mengalami perkembangan dari berbagai sisi meskipun dalam masa perkembangannya masih terdapat banyak kekurangan. terdapat beberapa kendala yang begitu mempengaruhi kinerja Bookstore UMM sejak beroperasi selama kurang lebih 4 tahun 4 bulan. Kendala tersebut masih dirasakan sampai sekarang misalnya jumlah mobilitas penjualan yang rendah.
Sampai saat ini Bookstore UMM telah memiliki 3 divisi yaitu divisi buku, divisi stationery dan divisi computer, dan beberapa waktu yang lalu Bookstore UMM mengembangkan satu divisi baru yang bekerjasama dengan pihak perorangan dengan membentuk unit usaha baru yang dinamai pusat souvenir UMM, dimana pihak perseorangan ini dipilih karena memiliki visi dan misi yang sama dengan universitas muhammadiyah malang. Pangsa pasar yang dituju oleh pusat souvenir ini terutama dari kalangan civitas UMM maupun kalangan non civitas diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih baik dalam perkembangan Bookstore UMM di masa sekarang dan masa mendatang.
Visi dan misi sumber utama penyedia buku, majalah,stationary, fancy, dan merchandise untuk komunitas UMM, Malang Barat dan Batu. Tujuan di bentuknya Bookstore UMM sebagai sumber utama penyedia buku, majalah, fancy, stationary dan merchandise untuk civitas akademika UMM, komunitas Muhammadiyah dan masyarakat si wilayah Malang Barat dan Batu.

Bookstore UMM itu sendiri memiliki beberapa koleksi buku terdiri dari 3 segmen besar yaitu : kesenangan (misteri, humor, action, non fiksi umum), pendidikan ( buku teks pendidikan dasar, menengah dan tinggi) dan profesi atau referensi penunjang, buku dan majalah populer). Koleksi majalah terbatas majalah komputer dan elektronik.


UMM Inn adalah hotel pendidikan pertama di Malang. Hotel ini berada 3 mil dari pusat kota Malang dan dekat dengan Kota Batu yang berlokasi di JL. Sengkaling no.1 Dau. Hotel ini juga merupakan tempat sempurna untuk pertemuan, konferensi, dan seminar sekaligus menyediakan pelayanan yang mudah yang bagi kebutuhan berbagai tema pesta yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengunjung akan bisa menikmati perpaduan nuansa elegan yang bercitarasa modern, nyaman, dan bernuansa klasik dari 40 ruang tamu dan suite yang unik.UMM Inn menawarkan beragam fasilitas yang pasti seperti AC room, coffe shop, restaurant, wi-fi, shower dan bathtub, live acoustic, 24 jam service room dan masih banyak lagi layanan lainnya. UMM Inn memiliki bangunan yang besar, letaknya pun nyaman karena udaranya segar, berada di dataran tinggi, lahan parkirnya pun sangat luas, di sekitar hotel pun ada banyak sekali orang berjualan makanan, angkutan umum juga sangat mudah sekali di dapatkan di sana.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simpang Lima Gumul (SLG)

Simpang Lima Gumul Assalamualaikum... Halooo.... S aya Raras Verawati asal dari Kediri kali ini saya akan bercerita tentang tempat wisata yang berada di Kabupaten Kediri dan salah satu ikon yang berada di Kabupaten Kediri. Sebuah Monumen berdiri gagah di persimpangan lima jalan antara Kediri, Pare, Pagu, Wates / Pesantren dan Gurah. Orang-orang menyebutnya Monumen Simpang Lima Gumul atau SLG. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang ramai di kota Kediri. Selain itu, tempat ini juga merupakan sentra ekonomi dan perdagangan di kabupaten tersebut. Monumen yang dibangun ini juga mengandung sebuah harapan yaitu majunya roda perekonomian Kediri. Nah Sebelum mengunjungi tempat ini, Sejarah Simpang Lima Gumul (SLG) Simpang Lima Gumul ini diinspirasi oleh Raja Jongko Joyoboyo. Beliau adalah seorang raja yang berkuasa di abad 12 yang bercita-cita untuk menyatukan lima wilayah di kabupaten Kediri. Pembangunan monumen Simpang Lima Gumul ini dimulai pada tahun 2003 dan d

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang

Fakultas Hukum Universitas Muhammadyah Malang (UMM)   didirikan pada bulan September 1965 atas prakarsa tokoh dan pimpinan Muhammadyah daerah Malang (antara lain Prof. A. Mansyur Effendy, SH., Prof. Drs. Sufyan Aman, SH., Habib Syarbini, SH., Amir Hamzah, SH., dan lainnya). Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas tertua di UMM disamping fakultas ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada awal berdirinya Fakultas Hukum menyandang predikat status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 68/B-Swt/P/1966, tanggal 30 Desember Tahun 1966. Dengan program studi atau jurusan yang ada pada awal berdirinya adalah jurusan Keperdataan dan Jurusan Kepidanaan. Sebagai institusi yang dikelola pihak swasta, maka dalam perjalannya mengalami nuansa dinamika pasang surut yang tak terelakkan. Pada tahun 1970 Fakultas Hukum menghentikan aktivitas kurikuler akademiknya, karena sedikit antusiasme minat masyarakat menjadi mahasisw